Teks Bacaan Surat Al-Zalzalah (Goncangan) Arab Latin Indonesia Dan Arti Terjemahan

Diposting pada

Ada banyak sekali cara untuk mendapatkan pahala, salah satunya adalah dengan membaca Al-qur’an. Meskipu membaca satu ayat saja dalam Al-qur’an, maka Allah SWT tetap akan memberikan pahala. Tidak hanya membacanya saja, belajar mengenai Al-qur’an pun akan mendapat pahala. Selalu ada sebab suatu surat di Al-qur’an diturunkan oleh Allah SWT. Biasa saja suatu surat tersebut diturunkan sebagai suatu peringatan kepada kaum muslim. Sama seperti surat Al-Zalzalah, berikut ini adalah sebeb turunnya surat Al-zalzalah.

Teks Bacaan Surat Al-Zalzalah (Goncangan) Arab Latin Indonesia Dan Arti Terjemahan
Teks Bacaan Surat Al-Zalzalah (Goncangan) Arab Latin Indonesia Dan Arti Terjemahan

Asbabun Nuzul Surat Al-Zalzalah

Surat Al-Zalzalah adalah surat ke 99. Surat ini terdiri dari 8 ayat. Surat ini masuk ke dalam golongan surat Madaniyah, meskipun surat ini termasuk surat yang ayatnya pendek. Sebab diturunkanya surat ini adalah pada saat itu banyak kaum muslimi yang menyepelekan amalan baik yang kecil, seperti bersedekah sedikit tidak akan pernah mendapatkan pahala, dan seseorang yang berbuat keburukan dosa kecil, seperti mengumpat, maka orang tersebut tidak akan berdosa.

Mereka menganggap bahawa ancaman dan siksa neraka hanya untuk orang-orang yang berbuat dosa besar, serta surga hanya untuk orang-orang yang melakukan perbuatan baik yang bernilai pahala besar. Hal inilah yang menjadikan Allah SWT menurunkan surat Al-ZAlzalah. Pada ayat ke 7-8 surat Al-Zalzalah adalah sebagai penegas bahwa Allah SWT akan membalas perbuatan baik meskipun seberat dzarrah, dan barang siapa yang berbuat kejahatan meskipun seberat dzarrah pasti akan mendapatkan balasanya.

Itulah sebab dari tudurnya surat Al-Zalzalah, sebagia peringatan untuk setiap muslim bahwa setiap perbuatan baik atau buruk sekecil apapun pasti akan mendapatkan balasanya.

Fadillah Surat Al-Zalzalah

Surat Al-Zalzalah juga memiliki manfaat, anda dapat mengambil segala manfaat dari membaca surat Al-Zalzalah sesuai degan fadillahnya

  • Mendapat pahala

Ketika seseorang Membaca ayat-ayat dalam Al-qur’an jelas akan mendapat pahala. Hal ini juga berlaku ketika seseorang membca surat Al-Zalzalah, maka seorang tersebut akan mendapatkan pahala. Pahala yang didapat dari membaca surat ini adalah sama dengan pahala membaca surat Al-baqarah.

  • Akan Terhindar Dari Gunacangan (bencana)

Seseorang yang membaca surat Al-Zalzalah dalam setiap salat sunnah, maka orang tersebut akan terhindar dari bencana (guncangan) selama ia hidup, dan orang tersebut tidak akan mati oleh gempa bumi, petir dan musibah lainya.

  • Hidup Akan Tentram, Bahagia dan Sejahtera

Rasulullah pernah meminta Zaid bin Aslam untuk mengajari membaca Al-quran kepada seorang Arab Badui yang baru memeluk islam. ketika Zaid bin Aslam sampai pada surat Al-Zalzalah ayat 7 dan 8, orang Arab Badui terebut memintanya untuk berhenti. Dia mengatakan bahwa seseorang akan mendapatkan kehiduan yang aman dan tentram ketika orang tersebut mengamalkan ayat ketujuh dan delapan dengan baik.

Maka dari itu ketika anda dapat melaksanakan ayat ketujuh dan delapan dalam surat Al-Zalzalah dengan baik, Insya Allah hidup anda dan keluarga anda akan diberi kenikmatan, rasa nyaman, aman, serta keselamatan dunia dan akhirat.

  • Mendapatkan Kekayaan Duniawi

Jika anda dapat membaca surat Al-ZAlzalah setiap hari maka Insya Allah anda tidak akan mendapat guncangan dan anda akan selalu mendapat kecukupan dalam hidup. Jadi tak ada salahnya sellau membaca surat Al-Zalzalah setiap hari agar dapat mendapatkan mafaat dari surat Al-Zalzalah.

Teks Bacaan Surat Al-Zalzalah Arab, Latin & Terjemahan

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

 

اِذَا زُلْزِلَتِ الْاَرْضُ زِلْزَالَهَاۙ

iżā zulzilatil-arḍu zilzālahā

Apabila bumi diguncangkan dengan guncangan yang dahsyat,

وَاَخْرَجَتِ الْاَرْضُ اَثْقَالَهَاۙ

wa akhrajatil-arḍu aṡqālahā

dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya,

وَقَالَ الْاِنْسَانُ مَا لَهَاۚ

wa qālal-insānu mā lahā

Dan manusia bertanya, “Apa yang terjadi pada bumi ini?”

يَوْمَىِٕذٍ تُحَدِّثُ اَخْبَارَهَاۙ

yauma`iżin tuḥaddiṡu akhbārahā

Pada hari itu bumi menyampaikan beritanya,

بِاَنَّ رَبَّكَ اَوْحٰى لَهَاۗ

bi`anna rabbaka auḥā lahā

karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) padanya.

يَوْمَىِٕذٍ يَّصْدُرُ النَّاسُ اَشْتَاتًا ەۙ لِّيُرَوْا اَعْمَالَهُمْۗ

yauma`iżiy yaṣdurun-nāsu asytātal liyurau a’mālahum

Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok-kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka (balasan) semua perbuatannya.

فَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَّرَهٗۚ

fa may ya’mal miṡqāla żarratin khairay yarah

Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya,

وَمَنْ يَّعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَّرَهٗ

wa may ya’mal miṡqāla żarratin syarray yarah

dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.

Tafsir Surat Al-Zalzalah Arab, Latin & Terjemahan

01. (Apabila bumi diguncangkan) yaitu mengalami gempa di saat hari kiamat tiba (dengan guncangannya) yang amat dahsyat sesuai dengan bentuknya yang besar.

002. (Dan bumi telah mengeluarkan beban-beban beratnya) berupa semua perbendaharaan yang dikandungnya termasuk orang-orang mati, kemudian semuanya itu dicampakkan ke permukaannya.

003. (Dan manusia bertanya) yakni orang yang ingkar kepada adanya hari berbangkit (“Mengapa bumi jadi begini?”) ia mengatakan demikian dengan nada ingkar kepada kenyataan yang sedang mereka alami ketika itu, yaitu keadaan menjelang hari kiamat.

004. (Pada hari itu) menjadi Badal dari lafal Idzaa berikut Jawabnya (bumi menceritakan beritanya) yaitu menceritakan semua amal perbuatan yang telah dilakukan di atas permukaannya, amal baik dan amal buruk.005. (Karena sesungguhnya) hal itu terjadi disebabkan karena (Rabbmu telah memerintahkan kepadanya) yang demikian itu. Di dalam sebuah hadis disebutkan, “Setiap hamba laki-laki dan perempuan menyaksikan (pada hari itu) semua amal perbuatan yang telah dilakukannya di muka bumi.”

006. (Pada hari itu manusia keluar) maksudnya mereka berangkat meninggalkan tempat penghisaban (dalam keadaan yang bermacam-macam) yakni terpisah-pisah; ada yang mengambil jalan ke kanan yaitu menuju ke surga dan ada yang mengambil jalan ke kiri yaitu menuju ke neraka (supaya diperlihatkan kepada mereka pekerjaan mereka) maksudnya balasan amal perbuatan mereka, berupa surga atau neraka.007. (Maka barang siapa yang mengerjakan seberat zarah) atau seberat semut yang paling kecil (kebaikan, niscaya dia akan melihatnya) melihat pahalanya.

008. (Dan barang siapa yang mengerjakan kejahatan seberat zarah pun, niscaya dia akan melihatnya pula) artinya dia pasti akan merasakan balasannya.

Download MP3 Murottal Surat Al-Zalzalah

Yasser Al Dossari

Download

Saad Al- Ghamidi

Download

Mishary Rashid Alafasy

Download

Muhammad Al Ayyub

Download

Hani Ar Rifai

Download

Aziz Alili

Download

Abdul Rahman Jamal Aloosi

Download

Abdallah Kamel

Download

Abdul Rahman Al Sudais

Download

Muzammil Hasballah

Download

Itulah empat manfaat sesuai dengan fadillah dari surat Al-Zalzalah yang bisa anda dapat. Surat-surat dalam Al-qur’an memang memilki fadillahnya masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *